PROFIL LULUSAN

Kualifikasi kompetensi keluaran Program Studi Magister (S-2) Teknik Informatika  USU ini berdasarkan kepada Visi, Misi dan Tujuan Program Studi, sehingga lulusan Program Magister ini dapat berkompetisi secara sehat dan profesional di dunia kerja.

Kompetensi ini merupakan konsekuensi logis yang mengiringi perkembangan kemajuan pesat di bidang industri di kawasan pulau Sumatera khususnya di Sumatera Utara, dengan penyediaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan professional dalam bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, sehingga mampu mendukung bidang penelitian dan pengembangan (research & development, R&D) serta menciptakan wirausaha (entrepreneur) yang handal dalam bidang Teknik Informatika. Kualitas SDM yang dibutuhkan untuk dapat terlaksana dan tercapainya tujuan tersebut, sebagian besar membutuhkan tenaga kerja yang mempunyai jenjang pendidikan Strata-2 (Magister). Tuntutan yang sama juga terjadi di departemen dan instansi yang berkaitan dengan bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.

Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Profil lulusan yang di inginkan MTE adalah :

  1. Peneliti
  2. Pakar
  3. Praktisi bidang Teknik Informatika

Profil peneliti bukan berarti lulusan diharapkan melakukan tugas rutin penelitian, namun lebih kepada mempersiapkan lulusan agar memiliki kepekaan terhadap permasalahan di bidang keahlian ( Baik di dunia kerja maupun di kehidupan sehari hari) serta mampu menghadirkan solusi sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian.

Untuk memungkinkan lulusan memiliki kemampuan manajerial pada bidang yang di geluti MTE memberikan uraian kemampuan ilmiah dalam memecahkan suatu masalah ataupun dalam mencapai sebuah tujuan. Setelah kelengkapan ilmiah diberikan, materi manajerial diberikan di semester akhir.

Kemampuan sebagai narasumber dicapai melalui pelaksanaan perkuliahan yang bersifat Student Center. Mahasiswa juga dibekali kemampuan softskill yang dapat di ajarkan kembali.

Secara umum diharapkan mampu :

  • Menerapkan secara logis, kritis dan sistematis ilmu pengetahuan sesuai bidang keahlian
  • Mengidentifikasi permasalahan dan mengembangkan solusi dalam bidang keahlian sesuai kaidah penelitian ilmiah
  • Mengembangkan ide dan kreatifitas dalam bindang keahlian melalui kegiatan penelitian
  • Mendokumentasikan, mengkomunikasikan dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian.

Dosen Tetap Program Studi

No.

Nama Dosen Tetap

 

NIDN**

Tgl. Lahir

Jabatan Akademik

Gelar Akademik

Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal PT

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1.

Muhammad Zarlis

00-0107-5703

1-7-1957

Guru Besar

Doktor

S1: USU Medan

S2: UI Jakarta

S3: USM Malaysia

S1: Fisika

S2: Ilmu Komputer

S3: Sains  Komputer

2.

Opim Salim Sitompul

00-1708-6108

17-8-1961

Guru Besar

Doktor

S1: USU Medan

S2: UI Jakarta

S3: UKM Malaysia

S1: Matematika

S2: Ilmu Komputer

S3: Sains  Komputer

3.

Poltak Sihombing

00-1703-6205

17-3-1962

Lektor Kepala

Doktor

S1: USU Medan

S2: UI Jakarta

S3: USM Malaysia

S1: Fisika

S2: Ilmu Komputer

S3: Sains  Komputer

4.

Syahril Efendi

00-1011-6706

10-11-1967

Lektor Kepala

Doktor

S1: USU Medan

S2: UKM Malaysia

S3: USU Medan

S1: Matematika

S2: Teknologi Informasi

S3: Matematika Komputasi

5.

Elviawaty Muisa Zamzami

00-1607-7001

16-07-1970

Lektor

Doktor

S1: ISTP Medan

S2: ITB Bandung

S3: UI Jakarta

S1: Teknik Informatika

S2: Teknik Informatika

S3: Ilmu Komputer

6.

Maya Silvi Lydia

00-2701-7403

27-01-1974

Lektor

Doktor

S1: UPM Malaysia

S2: UPM Malaysia

S3: USU Medan

S1: Sains Komputer

S2: Sains Komputer

S3: Matematika Komputasi

7.

Mahyuddin K.M. Nasution

00-2512-6701

25-12-1967

Lektor Kepala

Doktor

S1: USU Medan

S2: UKM Malaysia

S3: UKM Malaysia

S1: Matematika

S2: Sains Komputer

S3: Sains Komputer

8.

Erna Budhiarti Nababan

00-2610-6209

26-10-1962

Lektor

Doktor

S1: IKIP Bandung

S2: UKM Malaysia

S3: UKM Malaysia

S1: Elektronika

S2: Sains Komputer

S3: Sains Komputer

icon front default3

Untuk merealisasikan visi, misi, dan tujuan tersebut maka Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi USU menyusun sasaran dan strategi pencapaian :

Sasaran :

  1. Pada tahun ajaran 2015/2016, menjadi fakultas yang telah memiliki Rancangan Pembelajaran yang terangkum di dalam GBPP dan SAP sebelum berjalannya perkuliahan.
  2. Pada tahun 2016/2017, menjadi fakultas yang telah memiliki penelitian dan karya-karya ilmiah mahasiswa dalam bidang ilmu komputer dan teknologi informasi.
  3. Pada tahun 2017/2018, menjadi penggerak dalam pengembangan di bidang ilmu komputer dan teknologi informasi.
  4. Pada tahun 2018/2019, menjadi fakultas yang memiliki peningkatan jejaring kerjasama nasional maupun internasional dalam bidang riset ilmu komputer dan teknologi informasi.
  5. Pada tahun 2019/2020, mengintegrasikan pengelolaan sumber daya, infrastruktur dan sarana yang mengutamakan terjadinya resource sharing dan facility sharing sesuai dengan tekad USU dalam bingkai TALENTA dan BINTANG. Adapun yang dimaksud dengan TALENTA adalah Tropical Science and Medicine, Agroindustry, Local Wisdom, Energy (Sustainable), Natural Resources (Biodiversity, Forest, Marine, Mine, Tourism), Technology (Appropriate), dan Arts(Technic). Sedangkan yang dimaksud oleh BINTANG adalah Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dalam bingkai Kebhinnekaan, INovatif dan berintegritas, TANGguh dan Arif.

Adapun Strategi yang disusun dalam upaya untuk mencapai sasaran adala

  1. Tahun pertama (2015/2016), mengembangkan materi ajar yang didukung oleh e-learning untuk mewujudkan perluasan pembelajaran, pembelajaran sepanjang masa dan learning on demand.
  2. Tahun kedua (2016/2017), melakukan penyempurnaan organisasi dan tata kelola serta sumber daya manusia untuk penelitian yang dikoordinir Fakultas dengan kebijakan peran aktif pada setiap kompetisi hibah penelitian lokal, nasional maupun internasional.
  3. Tahun ketiga (2017/2018), memperbaiki dan membangun fasilitas pendidikan serta penelitian bekerjasama dengan pihak alumni, orang tua mahasiswa, industri dalam negeri, pemerintah serta institusi luar negeri melalui program kerjasama penelitian, program double degree dan lain-lain.
  4. Tahun keempat (2018/2019), memberdayakan program studi di lingkungan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi USU untuk menjalin kerjasama dengan pihak luar secara terprogram dan terintegrasi.
    Tahun kelima (2019/2020), Fasilkom-TI USU telah menjadi rujukan riset dalam bidang ilmu komputer dan teknologi informasi yang adaptif, kolaboratif, dan kreatif, bertaraf internasional sampai tahun 2020

 

Struktur organisasi Fakultas/serta tugas/fungsi dari tiap unit yang ada

 

Pimpinan Fakultas
Dekan : Prof. Dr. Opim Salim Sitompul, M.Sc
Wakil Dekan-I  : Dr. Elviawaty Muisa Zamzami, MT., MM.
Wakil Dekan-II : Mohammad Fadly Syahputra, M.Sc
Wakil Dekan-III : Dr. Maya Silvi Lydia, B.Sc., M.Sc
     
Pimpinan Program Studi S2 Teknik Informatika
Ketua : Prof. Dr. Muhammad Zarlis
Sekretaris : Dr. Syahril Efendi, S.Si., MIT
     
Bagian Administrasi
Kabag Tata Usaha : Radhiatun Mardiah, SE., M.Si
Kasubag Akademik : Segar Surya Hartono, SE
Kasubag Penelitian& Pengabdian : Rostati, SE
Kasubag Kemahasiswaan& Alumni : Salmiah Hasibuan , S.Sos
Kasubag Keuangan& Kepegawaian : Henny Ramadhani, SE
Kasubag Perlengkapan& Umum : Rahmat Surya, S.Sos.,MS

 

 

icon front default2

 

VISI

Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi berbasis riset dalam bidang ilmu komputer/informatika dan teknologi informasi yang adaptif, kolaboratif, dan kreatif, bertaraf internasional sampai tahun 2022.

Misi

Misi Program Studi Magister (S-2) Teknik Informatika  Universitas Sumatera Utara adalah:

  • Menyelenggarakan kelompok bidang keahlian dan penelitian ilmu komputer dalam bidang komputasi diantaranya soft computing, information retrieval, intellegent system, dan big data.
  • Menyelenggarakan Program Studi Magister yang berbasis penelitian dalam bidang Ilmu Komputer/ Informatika.
  • Mengembangkan ilmu dan teknologi inovatif yang dapat memberi sumbangan pada kualitas kehidupan masyarakat yang lebih dalam bingkai Tropical Science and Medicine, Agroindustry, Local Wisdom, Energy [sustainable], Natural Resources [biodiversity, forest, marine, mine, tourism], Technology [appropriate] dan Arts [ethnic] (TALENTA) USU.
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan metodologi pengembangan Ilmu Komputer/Informatika, Teknologi Informasi dan komunikasi (ICT) sehingga mampu menjadi problem solver di dalam ruang lingkup keahliannya.
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkaitan dengan kaidah ilmiah dalam berfikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan dalam bidang Ilmu Komputer yang dapat memberi sumbangan kepada kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik dengan menjunjung tinggi etika dan moral.

Tujuan

Tujuan Program Studi Magister (S-2)Teknik Informatika Universitas Sumatera Utara adalah sebagai berikut:

  • Menghasilkan lulusan yang mempunyai wawasan dalam bidang komputasi diantaranya soft computing, information retrieval, intellegent system, dan big data.
  • Menghasilkan lulusan yang bersikap terbuka, tanggap terhadap perkembangan dan kemajuan Ilmu Komputer.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki tata nilai utama BINTANG (Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam bingkai kebhinnekaan, Inovatif yang berintegritas, Tangguh dan arif) yang dapat menyelesaikan permasalahan dalam bidang Ilmu Komputer/Informatika.
  • Menghasilkan lulusan yang menguasai metodologi pengembangan Ilmu Komputer, Teknologi Informasi dan komunikasi (ICT) sehingga mampu menjadi problem solver di dalam ruang lingkup keahliannya
  • Menghasilkan lulusan yang menguasai kaidah ilmiah dalam berpikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan dalam bidang Ilmu Komputer/Informatika yang dapat memberi sumbangan kepada kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik dengan menjunjung tinggi etika dan moral.

Page 1 of 2