Alumni

PROFIL LULUSAN

Kualifikasi kompetensi keluaran Program Studi Magister (S-2) Teknik Informatika  USU ini berdasarkan kepada Visi, Misi dan Tujuan Program Studi, sehingga lulusan Program Magister ini dapat berkompetisi secara sehat dan profesional di dunia kerja.

Kompetensi ini merupakan konsekuensi logis yang mengiringi perkembangan kemajuan pesat di bidang industri di kawasan pulau Sumatera khususnya di Sumatera Utara, dengan penyediaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan professional dalam bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, sehingga mampu mendukung bidang penelitian dan pengembangan (research & development, R&D) serta menciptakan wirausaha (entrepreneur) yang handal dalam bidang Teknik Informatika. Kualitas SDM yang dibutuhkan untuk dapat terlaksana dan tercapainya tujuan tersebut, sebagian besar membutuhkan tenaga kerja yang mempunyai jenjang pendidikan Strata-2 (Magister). Tuntutan yang sama juga terjadi di departemen dan instansi yang berkaitan dengan bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.

Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Profil lulusan yang di inginkan MTE adalah :

  1. Peneliti
  2. Pakar
  3. Praktisi bidang Teknik Informatika

Profil peneliti bukan berarti lulusan diharapkan melakukan tugas rutin penelitian, namun lebih kepada mempersiapkan lulusan agar memiliki kepekaan terhadap permasalahan di bidang keahlian ( Baik di dunia kerja maupun di kehidupan sehari hari) serta mampu menghadirkan solusi sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian.

Untuk memungkinkan lulusan memiliki kemampuan manajerial pada bidang yang di geluti MTE memberikan uraian kemampuan ilmiah dalam memecahkan suatu masalah ataupun dalam mencapai sebuah tujuan. Setelah kelengkapan ilmiah diberikan, materi manajerial diberikan di semester akhir.

Kemampuan sebagai narasumber dicapai melalui pelaksanaan perkuliahan yang bersifat Student Center. Mahasiswa juga dibekali kemampuan softskill yang dapat di ajarkan kembali.

Secara umum diharapkan mampu :

  • Menerapkan secara logis, kritis dan sistematis ilmu pengetahuan sesuai bidang keahlian
  • Mengidentifikasi permasalahan dan mengembangkan solusi dalam bidang keahlian sesuai kaidah penelitian ilmiah
  • Mengembangkan ide dan kreatifitas dalam bindang keahlian melalui kegiatan penelitian
  • Mendokumentasikan, mengkomunikasikan dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian.