Tentang Program Studi

 

icon front default1

 

Program Studi Magister (S2) Teknik Informatika Universitas Sumatera Utara secara resmi didirikan pada tanggal 11 Mei 2009 berdasarkan Surat Keputusan pendirian program studi nomor 935/H5.1.R/SK/PRS/2009. Awalnya program studi berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan sejak tahun 2012 berada pada naungan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi setelah berdirinya fakultas ini.

Program Studi Magister (S2) Teknik Informatika Universitas Sumatera Utara telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan nomor surat keputusan akreditasi No. 011/BAN-PT/Ak-X/S2/VIII/2012, dengan hasil akreditasi "B".

Program Studi Magister (S2) Teknik Informatika memiliki visi menjadi penyelenggara pendidikan tinggi berbasis riset dalam bidang ilmu komputer/informatika dan teknologi informasi yang adaptif, kolaboratif, dan kreatif, bertaraf internasional sampai tahun 2022.

Adapun Misi Program Studi Magister (S2) Teknik Informatika antara lain :

  • Menyelenggarakan kelompok bidang keahlian dan penelitian Ilmu Komputer dalam bidang komputasi diantaranya soft computing, information retrieval, intellegent system, dan big data.
  • Menyelenggarakan Program Studi Magister yang berbasis penelitian dalam bidang Ilmu Komputer/Informatika.
  • Mengembangkan ilmu dan teknologi inovatif yang dapat memberi sumbangan pada kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik dalam bingkai Tropical Science and Medicine, Agroindustry, Local Wisdom, Energy [sustainable], Natural Resources [biodiversity, forest, marine, mine, tourism], Technology [appropriate] dan Arts [ethnic] (TALENTA) USU.
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan metodologi pengembangan Ilmu Komputer/Informatika, Teknologi Informasi dan komunikasi (ICT) sehingga mampu menjadi problem solver di dalam ruang lingkup keahliannya.
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkaitan dengan kaidah ilmiah dalam berpikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan dalam bidang Ilmu Komputer yang dapat memberi sumbangan kepada kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik dengan menjunjung tinggi etika dan moral.